Jakarta, Minggu (25/07), Universitas Respati Indonesia (URINDO) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada para pelaku UMKM – bisnis kuliner di seluruh Indonesia, secara online. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Program Studi MAB dengan para mahasiswa S2 angkatan Tahun Akademik 2020/2021, sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi URINDO sebagai Universitas Enterpreneur dan Ramah Lansia, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini adalah “Membangun Keunggulan Bisnis Kuliner Melalui Digital Marketing, Penguatan SDM dan Pengelolaan Keuangan bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi COVID-19”.

Ketua Program Studi MAB, Dr. Mariati Tamba, MM., dalam Laporan Pembukaannya menyampaikan bahwa sasaran dari pelaksanaan PKM ini adalah:

  • Terwujudnya program PKM yang dapat memanfaatkan potensi lokal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat
  • Terselenggaranya kegiatan pemberdayaan masyarakat dan UMKM melalui program pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan
  • Terselenggaranya kerjasama kemitraan dengan pihak eksternal dalam penerapan IPTEK
  • Terwujudnya minimal 1 (satu) daerah binaan sebagai wadah untuk PKM dari disiplin ilmu administrasi bisnis

Rektor URINDO, Prof. Dr. Tri Budi Wahyuni Raharjo, drg., MS, dalam sambutan pembukaannya, berharap kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan memberikan sharing knowledge berupa penyuluhan kepada para pelaku UMKM di bidang kuliner, agar mampu melakukan penguatan SDM,  pengelolaan keuangan dan membuat strategi membangun pertumbuhan bisnis kuliner  di masa Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan digital marketing yang saat ini berkembang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 379 pelaku UMKM dari 778 peserta yang mengisi formulir kepesertaan. Peserta berasal dari 29 propinsi di seluruh Indonesia. Sedangkan 59% peserta adalah wanita, 54% sudah berbisnis lebih dari 1 tahun dan 59% pelaku usaha berusia 30 – 50 tahun. Acara ini juga ditayangkan juga dalam live streaming youtube URINDO, dan mendapat response positif serta antusiasme peserta, yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta dalam sesi diskusi. Antusiasme peserta semakin meningkat dengan adanya pembagian doorprize sponsorship di akhir acara untuk sebanyak 121 pemenang dengan nilai hadiah puluhan juta rupiah. Respon yang baik juga datang dari pihak eksternal dengan keterlibatan 8 partner / sponsor yang mendukung event PKM tersebut diantaranya Komunitas Jaringan Wirausaha Depok (Jawara Depok), Digibank by DBS, Platform belajar ruangilmu.id, salon Farras Ayu Depok dan lain lain

Acara ini makin meriah karena menghadirkan Narasumber yang komplit yakni business coach, pelaku usaha dan akademisi. Narasumber pertama Business Coach Dr. Ridwan Mahmudi membahas tentang Strategy membangun pertumbuhan bisnis kuliner di situasi pandemic. Lalu Narasumber kedua Ubaidilah SEI sebagai praktisi bisnis kuliner berbagi ilmu tentang Strategy merencanakan SDM unggul untuk bisnis kuliner. Dan narasumber ketiga Dr. Dra. Ani Nuraini, MM., dekan Fak Manajemen dan Bisnis Urindo berbagi tentang Strategy Pengelolaan Keuangan Bisnis UMKM.

Membangun Keunggulan Bisnis Kuliner Melalui Digital Marketing, Penguatan SDM dan Pengelolaan Keuangan bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi COVID-19