WEBINAR IMUNISASI ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19

Diselenggarakan oleh Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu kesehatan URINDO

“WEBINAR IMUNISASI ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19” Bagian Program Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Indonesia

Jakarta, 15 Juni 2020 – Rilis

Upaya menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) sangat ditentukan oleh cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di semua desa / kelurahan. Beberapa alasan bayi tidak mendapatkan imunisasi lengkap yaitu karena alasan informasi, motivasi dan situasi. Alasan informasi berupa kurangnya pengetahuan ibu tentang kebutuhan, kelengkapan dan jadwal imunisasi, ketakutan akan imunisasi dan adanya persepsi salah yang beredar di masyarakat tentang imunisasi. Akan tetapi yang paling berpengaruh adalah karena anak sakit, ketidaktahuan ibu akan pentingnya imunisasi, ketidaktahuan ibu akan pentingnya imunisasi, ketidaktahuan waktu yang tepat untuk mendapatkan imunisasi dan ketakutan akan efek samping yang ditimbulkan imunisasi

         Kondisi di dunia termasuk Indonesia sedang mengalami pandemi Covid 19 yang menjadi maslah kesehatan. Masyararakat saat ini dihimbau utnuk tetap di rumah saja, dengan menerapkan social distancing dan juga physical distancing. Hal tersebut bertujuan agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19.  Adanya peraturan – peraturan ini, membuat ibu / orang tua semakin dilemma dalam memberikan kebutuhan vaksinasi kepada anaknya. Mereka perlu melakukan kontak langsung kepada tenaga kesehatan. 

         Oleh karena itu, banyak anak yang mengalami terlambat melakukan vaksinasi. Padahal, telah diketahui bahwa vaksinasi adalah pelayanan utama yang dapat mencegah kesakitan pada anak.Oleh karena itu pelayanan vaksinasi harus tetap diberikan sesuai protokol yang telah diatur pemerintah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi menyeluruh, menghilangkan dilemma masyrakat terutama orang tua, mengenai cara dan protocol melakukan vaksinasi pada anak di masa pandemic Covid 19 ini.

Kegiatan  ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Juni  2020 di Via Zoom Meeting dan Live Youtube URINDO dari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Panitia dari Kegiatan Ini terdiri dari Dosen Sarjana Terapan kebidanan dan D III Kebidanan URINDO yaitu  , Santi Agustina,SKM.,M.Kes (Ka. Panitia & Ka.Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan D III Kebidanan URINDO); Kusmayra Ambarwati,M.Kes (Sekretaris Kegiatan); Irma Aryanti,S.ST.,M.Kes (Bendahara Kegiatan); Endang Siti Mawarni, S.ST.,M.Kes (Sekertaris Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan D III Kebidanan URINDO);  Miftahul Jannah,S.ST.,M.Kes (Unit Penjaminan Mutu); dan beberapa dosen yaitu Yuna Trisuci Aprillia,S.ST.,M.Kes; Fitria Sari,S.ST., M.Kes; Izattul Azijah,S.ST.,M.Kes; Suryanih,MPd; Neneng Hasanah,M.Kes dan TIM IT URINDO (Jenih,S.Kom.,M.Kom; FA.Ricky Bayu S, M.Kom; Tafrizi, S.Kom). Pembicara pada kegiatan ini adalah dokter Ismail Sangadji,SpA.,MARS. Peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa hingga stakeholder terkait. Hingga tanggal 15 Juni 2020, telah terdaftar lebih dari 500 peserta kegiatan. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan menjadi gerbang informasi bagi setiap orang tua untuk dapat tetap melakukan vaksinasi yang aman di masa Pandemi Covid 19 ini.  Masyarakat dapat mengakses streaming webinar melalu link https://bit.ly/StreamingImunisasiUrindo .
​Materi Narasumber : dr. Ismail Sangadji, SpA, MARS
Link Cetak Sertifikat : klik disini

​Modul Cetak Sertifikat : klik disini

***
Fact Sheet Program Webinar

Merupakan Realisasi Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat URINDO

WEBINAR IMUNISASI ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19